Mempunyai Tinggi Menjulang, ini dia 5 Kiper Tertinggi di Indonesia

Kiper mempunyai peran yang sangat penting dalam tim sepak bola, karena ibarat perang, kiper adalah benteng pertahanan terakhir sebuah tim. Kiper selain dituntut mempunyai skill yang mumpuni, kebanyakan kiper mempunyai postur yang menjulang, hal ini agar mereka dapat lebih mudah menangkis bola-bola atas yanng sulit. Berikut adalah 5 kiper tertinggi di Indonesia, siapa saja?

1. Erlangga Setyo Dwi Saputro

Erlangga Setyo atau biasa disapa Angga, merupakan salah satu kiper tertinggi di Indonesia yang masih sangat muda. Angga yang saat ini berada di Diklat Persib Bandung ini mempunyai tinggi badan 192 cm ternyata masih berumur 17 tahun! Karena tinggi badan dan skillnya yang mumpuni itulah kini pria asal Jember tersebut terpilih menjadi salah satu dari tim Garuda Select yang dikirim ke Inggris.

Selain itu, remaja kelahiran 16 April 2003 ini juga telah memboyong penghargaan Kiper Terbaik Menpora zona Jatim tahun 2017. Hebatnya lagi, Angga juga menjadi Kiper Terbaik pilihan pemandu bakat dari Badan Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia (BLiSP) Jatim. Sungguh prestasi yang luar biasa untuk remaja berusia 17 tahun.

2. Kurnia Meiga

Tak hanya mempunyai tinggi badan yang menjulang, Kurnia Meiga juga mempunyai prestasi yang menjulang. Meiga, panggilan akrabnya pernah menjadi kiper terbaik dalam perhelatan piala AFF 2016 lalu. Tak hanya itu, di usianya yang sangat muda Kurnia Meiga turut mengantarkan Arema Malang menjadi juara Liga Super Indonesia (LSI) musim 2009-2010.

Kurnia Meiga bahkan masuk ke jajaran kiper termahal Indonesia dengan gaji 100ribu Euro atau 1,5 milyar rupiah pertahun. Pada tahun 2016, Meiga pernah menjalani trial di klub asal Jepang, Gamba Osaka. Namun saat masa trial nya selesai, Meiga memutuskan untuk kembali membela Arema. Tahun 2017, Meiga berhenti dari dunia sepak bola nasional, hal ini dikarenakan oleh masalah kesehatan.

3. Markus Harison

Kiper senior yang identik dengan kepala plontos ini merupakan salah satu kiper tertinggi di Indonesia. Bagaimana tidak? Markus mempunyai tinggi badan 186 cm, sangat ideal untuk menjadi seorang kiper. Selain itu, Markus sangat mumpuni menangkis bola atas. Maka tak heran, pada tahun 2010 mantan suami Kiki Amalia ini didapuk menjadi kiper timnas pada piala AFF 2010.

Pada tahun 2017, Markus memutuskan untuk berkarir di luar negri, yakni klub asal Timor Leste, Assalam FC. Markus mendapat kontrak yang lumayan singkat, yaitu 10 bulan. Selain itu di tahun yang sama Markus juga ikut meramaikan pesta demokrasi di Indonesia dengan menjadi kader salah satu partai. Saat ini, Markus telah memiliki lisensi kepelatihan dari PSSI dan telah melatih klub liga 2 asal Aceh.

4. Nadeo Argawinata

Pria kelahiran Kediri, 28 Juli 1997 ini tercatat sebagai kiper Bali United pada kompetisi Liga 1. Nadeo merupakan salah satu pemain andalan tim sepakbola kota Kediri saat Porprov Banyuwangi 2014. Penampilan ciamik itulah yang mengantarkannya menjadi skuat timnas U-19 tahun 2015.

Namun sayangnya, Nadeo gagal tampil membela timnas pada kualifikasi AFC U-19 dan AFF U-19  karena di tahun tersebut Indonesia terkena sanksi FIFA. Sebelum membela Serdadu Tridatu, julukan Bali United, Nadeo tercatat pernah membela Borneo FC pada musim kompetisi 2018. Saat itu ia mencatat 9 kemenangan untuk Borneo FC dari 19 laga yang dilakoninya.

5. Ravi Murdianto

Ravi mulai dikenal publik sepak bola Indonesia saat menjuarai Piala AFF U-19 pada tahun 2013. Lulusan diklat Ragunan tahun 2013 ini tercatat sebagai kiper dari tim TIRA-Persikabo. Ravi diketahui memiliki tinggi badan 183cm, ditambah skill yang dimiliki, Ravi selalu dipercaya menjaga mistar gawang timnas U-17 dan U-19.

Itulah 5 kiper tertinggi di Indonesia, memiliki postur tinggi memang bukan kewajiban untuk menjadi seorang kiper. Namun hal tersebut dapat membantu sang kiper dalam menangkis bola-bola atas.

 

About the Author: Costa