Profil Diego Costa Si Striker Andalan Atlético Madrid dan Perjalanan Kariernya

Profil Diego Costa

Diego Costa merupakan pemain asal Brasil yang berpindah kewarganegaraan menjadi Spanyol dan menduduki posisi penyerang di Atlético Madrid. Perjalanan karirnya menjadi pesepak bola cukup panjang dan penuh liku. Lalu bagaimanakah profil Diego Costa?

Profil dan Kehidupan Pribadi Diego Costa

Costa ini lahir di Lagarto, Sergipe, Brazil pada 7 Oktober 1988. Pemuda yang lahir dari pasangan Jose Silva Costa dan Joseleide ini bernama lengkap Diego Da Silva Costa. Ayahnya merupakan petani, sedangkan ibunya merupakan seorang ibu rumah tangga dan terkadang membantu suaminya.

Costa mempunyai saudara bernama Jair Costa dan Barrister Talita. Kedua orang tua Costa berusaha membesarkan dirinya dan saudaranya dengan baik serta menyediakan semua kebutuhan ketiganya.

Ketika Costa masih berumur beberapa bulan, seekor ular menyelinap ke dalam rumahnya dan hampir membunuh Costa kecil. Beruntungnya, sang ibu tepat waktu menolongnya sehingga Costa terselamatkan.

Nama Diego sangat kontroversial. Nama ‘Diego Maradona’ merupakan nama pemain sepak bola profesional asal Argentina. Dan nama Diego Costa disebut kejahatan di Brasil karena keduanya merupakan rival abadi. Namun ayahnya tetap menamainya itu dan nama tersebut membawa Diego pada takdirnya, bermain bola.

Diego dan saudaranya, Jair juga agresif ketika bermain di lapangan. Ayah dan ibunya mendukung keduanya menjadi pemain sepak profesional di masa depan. Maka dari itu, orang tuanya membiayai dan berusaha keras agar dapat mencapai cita-cita keduanya. Profil Diego Costa dan keluarga yang saling support!

Perjalanan Panjang Si Striker Andalan Atlético Madrid

Costa menunjukkan bakatnya di sekolah sepak bola lokal Lagarto, Brasil. Oleh pelatihnya, Flavio Machado, dirinya dimasukkan ke dalam tim dengan rentang usia 11 hingga 12 tahun.

Pada usianya yang masih 15 tahun, Costa disuruh bekerja di toko tempat pamannya di Sao Paulo. Sang paman ternyata memiliki koneksi dalam sepak bola dan merekomendasikan Diego ke Klub Barcelona Esportivo Capella.

Barcelona Esportivo Capella merekrut Costa di umur 16 tahun untuk bermain di tim junior dan sudah menghasilkan uang sendiri. Dalam permainannya, Costa seringkali bermain secara beringas sehingga mendapat teguran dari wasit.

Costa memulai karirnya yang sebenarnya saat menandatangani kontraknya bersama klub dari Portugal, Braga. Kontraknya dengan Klub Braga ditandatanganinya pada tahun 2006 dan dirinya bermain di tim cadangan.

Karena kesempatan bermain yang minim, kemudian pihak klub memutuskan untuk melepasnya ke klub divisi dua, Penafiel. Costa bermain dengan Penafiel sebagai pinjaman,  dirinya berhasil membobol 5 gol dengan 13 kesempatan.

Karir Diego Costa di Atlético Madrid

Akhir tahun 2006 dirinya direkrut oleh Klub Atlético Madrid. Biaya transfer yang dikeluarkan oleh Atlético Madrid sebesar 1,5 juta euro. Namun klub ini tetap meminjamkan Costa kepada Klub Barca hingga akhir tahun tersebut.

Costa pernah dipinjamkan ke Klub Segunda Division, yaitu Celta Vigo dan Albacete. Dirinya berhasil mencetak 5 gol di Celta dan 9 gol di Albacete. Diego pun pernah direkrut oleh Valladolid. Dirinya ditukar dengan kiper Sergio Asenjo yang merupakan bagian dari kesepakatan.

Pada 2010, Costa kembali lagi ke Atlético Madrid. Dirinya menjadi cadangan untuk Sergio Aguero dan Diego Forlan. Sergio mengalami cedera pada September, kemudian Costa menggantikannya. Costa menjadi pemain satu-satunya yang berhasil mencetak gol saat melawan Real Zaragoza.

Pada 3 April, Costa berhasil menjadi starter dan mencetak hat-trick di kemenangan timnya melawan Osasuna CA. Di 2012 dirinya dipinjamkan ke Rayo Vallecano dan berhasil mencetak 4 gol dalam 3 pertandingan.

Ada rumor yang menyatakan bahwa Costa akan pindah ke Liverpool. Namun dirinya menolak tawaran Liverpool walaupun gaji yang ditawarkan 3 kali lipat gajinya di Atletico Madrid. Dan lebih memilih memperbarui kontraknya dan menjadi striker andalan di sana.

Itulah profil Diego Costa Si Striker Andalán Atlético Madrid dan Perjalanan Karier yang Cukup Panjang dan Penuh Liku. Karena pengalamannya bertanding di lapangan membuat Diego Costa menjadi salah satu striker andalan.

 

READ  Profil Marcus Rashford, Pemain Andalan MU

You May Also Like

About the Author: Costa