Profil Iker Casillas, Penjaga Gawang Legendaris El Real

Profil Iker Casillas

Sebagai penjaga gawang legendaris Real Madrid dan Spanyol, tentu profil Iker Casillas layak diperkenalkan kepada fans. Terutama bagi mereka yang lahir tahun 2000an yang tidak lagi menikmati sepak terjang si tampan di bawah mistar gawang.

Dengan alasan diatas, maka pada artikel profil pemain bola saat ini akan dijelaskan tentang Iker Casillas. Uraiannya seputar karier, kehidupan keluarga dan kelebihan si pemain. Silahkan disimak ini profil Iker Casillas yang lengkap:

Profil Iker Casillas

Iker Casillas adalah kiper Real Madrid dan Tim Nasional Spanyol yang lahir tanggal 20 Mei 1981 di Mostoles Madrid. Dia dilahirkan dengan nama Iker Casillas Fernandez namun ketika menjadi pesepak bola profesional ia lebih sering dipanggil Iker Casillas saja. Masa kecilnya lebih banyak dihabiskan di Basque daripada di Madrid karena dia mengikuti orang tuanya melakukan migrasi.

Iker Casillas kecil tidak terlahir dari keluarga atlet. Ayahnya yang bernama Jose Luis Casillas hanya seorang pegawai negeri sipil sedangkan sang ibu yang bernama Maria Del Carmen Fernandez hanya seorang penata rambut. Maka dari itu, Casillas selalu berpindah domisili ikut sang ayah bertugas.

Karier Sepak Bola Iker Casillas

Iker Casillas suka permainan sepak bola sejak usia dini. Bahkan ia telah bermain sebagai kiper di salah satu SSB terkenal di kotanya pada saat usia masih 8 tahun. Sedangkan caps-nya bersama Real Madrid dilakukan pada tanggal 27 November 1997 ketika manajemen merekrutnya sebagai pemain El Real Yunior.

Di kala itu, Iker casillas masih berusia 16 tahun dan masih bermain di Tim B. Pada tahun 1998 Casillas mulai diturunkan di tim senior ketika El Real bertarung melawan Rosenborg di Liga Champions. Di laga tersebut, Casillas digosipkan menjadi pemain pengganti penjaga gawang Bodo Illgner.

Iker Casillas dan Real Madrid

Ketika membela Real Madrid, banyak rekor yang telah diraih Iker Casillas. Salah satunya pada musim 2007/2008 ia mencetak rekor paling sedikit kebobolan dengan hanya 32 gol dari 36 laga. Luar biasanya di tahun yang sama, Casillas juga berhasil membantu The Los Galacticos meraih gelar La Liga ke-31.

Iker Casillas juga mendapatkan rekor sebagai kiper dengan caps terbanyak El Real yaitu 454 Caps di tahun 2009. Capaian ini menyamai rekor penjaga gawang legendaris Real Madrid Paco Buyo. Sampai sejauh ini Casillas sudah memainkan 600 caps bersama El Real dan telah dinobatkan sebagai penjaga gawang terbaik versi IFFHS di tahun 2011.

Iker Casillas dan Tim Nasional Spanyol

Profil Iker Casillas berikutnya seputar karir di Tim Nasional Spanyol. Menurut informasi yang beredar Casillas bergabung dengan Tim Matador pada tahun 1996 untuk U-16. Setelah itu Iker Casillas posisinya di timnas jenjang umur tidak tergoyahkan.

Dia baru promosi ke level senior pada tahun 2000 dan pensiun tahun 2017. Itu artinya, Casillas juga ikut menyumbangkan trophy Piala Eropa 2008 dan 2012 serta World Cup 2010. Karena dedikasinya ini ia juga didapuk untuk menjadi kapten Tim Nasional Spanyol.

Kelebihan Iker Casillas

Iker Casillas bisa dibilang tidak memiliki postur ideal sebagai penjaga gawang.  Sebab, tinggi tubuhnya tidak terlalu menjulang bahkan bisa dianggap penjaga gawang paling pendek di La Liga era 2000an. Walaupun demikian Casillas memiliki lompatan yang tinggi dan refleks cepat.

Casillas juga pintar membaca serangan lawan. Sangat sedikit sekali ditemukan dia mati langkah atau salah dalam memperhitungkan umpan. Karena itu, sekalipun tubuhnya pendek Casillas tetap mampu menjaga gawang dengan baik.

Itulah profil Iker Casillas dan sepak terjangnya semasa masih menjadi kiper profesional. Semoga yang singkat ini bisa menjadi tambahan informasi seputar pemain sepak bola legendaris. Jadi silahkan dibaca dan tonton sepak terjangnya secara streaming.

 

READ  Profil David Alaba, Bek Kiri Asal Austria

You May Also Like

About the Author: Costa