Profil Sadio Mane, Gelandang Liverpool yang Religius

Profil Sadio Mane

Sadio Mane adalah gelandang Liverpool berkewarganegaraan Senegal yang memulai karirnya di sebuah kompetisi sepakbola di Senegal. Dibalik gayanya yang nyentrik, ternyata Mane adalah seorang yang religius. Cari tahu profil Sadio Mane selengkapnya berikut ini.

Profil Singkat Sadio Mane Dan Masa Kecilnya

Sadio Mane dilahirkan di Sedhiou, negara Senegal. Tepatnya pada tanggal 10 April 1992. Mane lahir dari keluarga miskin. Saking miskinnya, Mane diasuh oleh pamannya, karena orang tuanya tidak mampu membiayai sekolahnya. Meskipun begitu, kecintaannya terhadap sepakbola telah ditunjukkannya sejak kecil.

Mane kecil terbiasa bermain bola dengan teman-teman sekampungnya di lapangan, bahkan jalanan yang berdebu. Mimpinya menjadi pemain sepakbola profesional membuatnya semakin terobsesi dengan olahraga yang satu ini.

Namun, impian tersebut terhalang oleh harapan kedua orang tuanya agar dia menjadi seorang guru dan mendalami ilmu agama. Seperti diketahui, Mane lahir di keluarga muslim yang taat. Orangtuanya khawatir jika Mane menjadi pesepakbola, Mane akan sibuk dengan urusan dunia dan melupakan ajaran agama yang dianutnya.

Disaat bersamaan, Mane mendapat dukungan dari paman dan  beberapa tetangganya untuk mengikuti pelatihan sepakbola pada sebuah akademi di kota Dakar. Dari kejadian itu, orang tuanya akhirnya luluh dan menjual seluruh hasil panen yang dimiliki keluarganya, untuk membiayai pelatihan sepakbola di Dakar tersebut.

Dari sanalah, profil Sadio Mane sebagai pemain sepakbola dimulai. Kini, dengan menyandang status sebagai gelandang sayap Liverpool, kehidupan Mane berubah secara finansial. Namun tidak dengan kehidupan pribadinya.  Mane masih menjadi orang yang rendah hati dan religius.

Hal ini ditunjukkan dengan menyumbangkan sebagian besar penghasilannya untuk membantu pembangunan desanya serta menyantuni orang-orang miskin di negaranya. Mane juga tak lupa untuk selalu sujud syukur bilamana mencetak gol. Salah satu bukti rasa terima kasih atas pencapaian yang telah diraih hingga saat ini.

Perjalanan Karir Sepakbola Sadio Mane

Seperti telah disebutkan sebelumnya, bahwa profil Sadio Mane dalam perjalanan karir sepak bolanya adalah ketika mengikuti pelatihan sepakbola. Dimana pelatihan sepakbola itu sendiri berlokasi di Dakar.

Untuk masuk menjadi anggota tim, Mane harus mengikuti seleksi terlebih dahulu. Ketika itu tidak ada seorang pun yang bersimpati kepadanya. Termasuk oleh pemandu bakat pada sesi seleksi tersebut. hal ini dikarenakan sepatu lusuh serta pakaian yang dikenakannya. Mane dianggap terlalu miskin untuk mengikuti seleksi tersebut.

Namun hal berbeda terjadi di lapangan, Mane berhasil membuat publik yang menyaksikan tercengang. Karena kemampuannya menggocek dan menggiring bola layaknya pemain sepakbola profesional. Dalam tim tersebut, Mane telah menyumbangkan sebanyak 130 gol dari 90 pertandingan yang diikuti.

Dalam sebuah buku profil Sadio Mane disebutkan, bahwa dengan kemampuannya di tim tersebut membuat seorang pencari bakat asal Perancis tertarik untuk membawanya ke Perancis. Di sana, Mane tergabung ke dalam Academy Metz.

Di musim pertama bersama Metz, Mane tampil dalam 19 pertandingan. Baru di tahun 2012, Mane memutuskan untuk bergabung bersama Red Bull Salzburg, sebuah klub asal Belgia. Pencapaiannya untuk klub ini, yaitu ketika Mane berhasilkan mengantarkan Red Bull Salzburg sebagai juara liga Belgia.

Perjalanan Transfer Sadio Mane

Di periode musim 2014-2015, Southampton tertarik untuk merekrutnya. Tak tanggung-tanggung, Southampton berhasil membelinya dengan biaya transfer sebesar 11,8 juta euro, atau setara 188,8 miliar jika dalam mata uang rupiah.

Disinilah kemampuan Mane terus berkembang, dan mengantarkan Mane menjadi pencetak gol teratas di Southampton. Namun, karena dianggap kurang disiplin dan selalu datang terlambat, southampton akhirnya melepas Mane ke Liverpool.

Liverpool membayar biaya transfer sebesar 34 juta poundsterling, atau sekitar 618 milyar rupiah. Hingga kini, Mane masih membela klub yang dikenal dengan sebutan The Kop tersebut. Bersama Mohamed Salah dan Roberto Firmino, Mane membentuk trio yang yang ditakuti lawan.

Itu beberapa ulasan singkat mengenai profil Sadio Mane, gelandang sayap Liverpool yang dikenal sangat religius. Bukan hanya mengharumkan negaranya, Mane juga menjadi kebanggaan pecinta Liverpool tentunya.

 

READ  Profil Alex Sandro Pemain Bola Genius Tim Juventus

You May Also Like

About the Author: Costa